Inspirasi

Manusia Yang Diberkahi

Ketika mengisi ceramah Ramadhan malam ini di Masjid Al Muhajirin Lanal Tual, saya menemukan dua pemandangan menakjubkan.

Pertama, jamaah Isya dan Tarawih masjid tersebut penuh sesak. Meruah hingga ke luar. Pengurus masjid menyiapkan karpet di teras depan masjid untuk jamaah yang tidak kebagian di dalam.

Kedua, kekaguman saya terhadap seorang kakek yang sudah sangat sepuh. Saya melihatnya di shaf pertama. Berbaris bersama menjelang sholat Isya. Ia memegang tongkat kayu sebagai penyangga agar kokoh ketika berjalan.

Hi Sahabudin Ohoirenan. Nama beliau. Wajahnya teduh. Ada jenggot putih menghiasi wajahnya. Usianya 92 tahun. Usia yang tak lagi muda. Beliau ternyata imam utama Masjid Al Muhajirin. Ketika orang sejamannya tak banyak yang dikarunia usia panjang, hatinya begitu kuat terpaut dengan Masjid.

Sejak tahun 1993, Hi Sahabudin Ohoirenan menjadi Imam Masjid Al Muhajirin. Walau berjalan perlahan dibantu tongkat, hatinya tak mengeluh. Bara semangat memakmurkan masjid mengalahkan kelelahan yang mungkin timbul karena aktifitas fisik. Jarak rumah beliau tak dekat. 500 meter ke Masjid. Dan setiap hari, beliau jalan kaki.

Beliau barangkali adalah imam tertua di Kota Tual. Atau bahkan di Maluku. Saya belum menemukan orang setua ini menjadi imam di masjid. Jikapun ada yang bertahan pada usia demikian, hari-harinya hanya di rumah dengan kesehatan yang tak lagi sehat. Ini tak terjadi pada Hi Sahabudin, sang imam ini.

Saya menyebutnya manusia yang diberkahi. Usia dan perjalanan hidupnya. Tak banyak yang demikian. Selepas tarawih, saya memeluknya hangat. Mencium tangan beliau dengan takzim. Sambil berbisik : ‘Doakan beta, Pak Imam’. Beliau memandang dengan senyum sumringah. Sambil menepuk bahu saya dan berucap : ‘Insa Allah”..

Teringat quote pada scene awal film 5 Penjuru Masjid : ‘Gak ada masjid yang jauh, yang ada hatinya yang jauh’. Jika Hi Sahabudin usia 92 tahun masih berderap tanpa keluh ke masjid, bagaimana dengan kita yang masih sangat sehat dan berusia muda?? (*MSM*)

Masjid Al Muhajirin Tual, 6 Ramadhan 1439 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *